Mengurutkan Data (Sorting)
Pengurutan worksheet digunakan untuk mengetahui produk dengan penjualan
tertinggi dari unit yang terjual. Saat Anda mengurutkan data dalam worksheet,
Anda harus terlebih dahulu menentukan kriteria pengurutannya. Pengurutan data
diperlukan untuk memudahkan kita dalam mencari data. Pengurutan data biasanya
dilakukan pada data dalam jumlah besar, misalnya suatu perusahaan dengan ribuan
karyawan, sekolah, atau institusi pendidikan yang terdiri banyak siswa.
Dalam kasus tersebut pengurutan data sangat penting. Sebagai contoh menampilkan data urut berdasarkan nama pegawai dan mengurutkan data berdasarkan peringkat nilai tertinggi. Excel telah menyediakan fasilitas pengurutan data yang dinamakan sort. Secara garis besar sorting ada 2 macam, yaitu sebagai berikut.
Dalam kasus tersebut pengurutan data sangat penting. Sebagai contoh menampilkan data urut berdasarkan nama pegawai dan mengurutkan data berdasarkan peringkat nilai tertinggi. Excel telah menyediakan fasilitas pengurutan data yang dinamakan sort. Secara garis besar sorting ada 2 macam, yaitu sebagai berikut.
- Ascending (pengurutan dari kecil ke besar).
- Descending (pengurutan dari besar ke kecil).
Untuk mengurutkan tabel diatasmenggunakan kunci kunci pengurutan
berdasarkan Nilai. dimana mahasiswa dengan nilai yang paling tinggi berada di
urutan pertama dan mahasiswa dengan nilai rendah berada di urutan terakhir.
Cara mengurutkan data adalah sebagai berikut.
1) Blok tabel (dimulai dari kolom yang akan disort/diurutkan)
2) Klik tab Data pilih subtab Sort & filter,
3) Klik Sort. perhatikan gambar berikut. 4) Kemudian tentukan kunci pengurutannya dan jenis pengurutannya
Cara mengurutkan data adalah sebagai berikut.
1) Blok tabel (dimulai dari kolom yang akan disort/diurutkan)
2) Klik tab Data pilih subtab Sort & filter,
3) Klik Sort. perhatikan gambar berikut. 4) Kemudian tentukan kunci pengurutannya dan jenis pengurutannya
0 komentar:
Posting Komentar